Disini saya akan menceritakan bagaimana cara membuat blog. Ada dua cara membuatnya bisa gratis atau berbayar. Untuk membuat secara gratis kita dapat membuat blog di wordpress.com atau di bloger.com.

Sementara untuk dapat membuat website dengan nama domain pilihan kita sendiri, kita bisa membeli atau menyewa domain dan hosting secara berlangganan.

Pada artikel ini saya akan membahas cara membuat blog yang terkesan profesional, karena memakai domain pribadi, tepatnya kita akan membuat blog berbasis wordpress dengan selfhosted (Domain dan Hosting pribadi, contoh : www.asjanow.com)

Fungsi blog tidak lagi hanya sebagai situs catatan harian bagi pemiliknya, namun telah berkembang sebagai mesin penjualan yang efektif. Sekarang fenomena blog dapat anda buktikan dimana-mana, coba lihat perusahaan mana yang tidak memiliki blog atau website.

Blog digunakan sebagai sarana untuk berinteraksi dengan komunitas mereka yang tidak lain adalah calon-calon pelanggan.

Ada juga orang yang menjadikan blog sebagai sarana menyalurkan hobi mereka yaitu menulis. Mereka sangat senang apabila menjadi terkenal dengan tulisan-tulisannya. Mereka menulis tentang berbagai hal yang menarik perhatian para pembacanya.

Ada juga yang membuat blog atau website untuk tujuan bisnis, mereka membuat sebuah website penjualan. Mereka menulis artikel yang relevan dengan produk yang mereka jual, dengan tujuan merekomendasikan produk yang dimilikinya kepada para pembacanya.

Baik teman-teman, sebelumnya saya sudah  membuat artikel mengenai Membeli Domain (lihat artikel di SINI), nah sekarang tinggal terusin aja yaa, bagaimana cara membuat websitenya.

Setelah pembelian di Dewaweb atau di penyedia jasa lainnya, teman-teman akan mendapat email mengenai data hosting dan cPanel yang teman-teman sudah beli seperti gambar dibawah ini.

Saya ingatkan data ini disimpan yang dengan hati-hati, karena kalau hilang jadi repot. Kemudian klik link menuju cPanel, dan masukkan juga user name dan password yang disediakan. Password masih bisa dirubah didalam cPanel. Isi cPanel adalah sebagai berikut :

Kemudian turun kebagian bawah sampai ketemu SOFTACULOUS APPS INSTALLER, dan klik WordPress untuk melakukan isntalasi. Dan keluar seperti gambar dibawah.

Silahkan Anda klik di Install Now, kemudian masuk ke pengesian data seperti dibawah.

Silahkan isi beberapa kolom diatas, tetapi yang wajib adalah Admin User Name dan Password, kalau nama web dan site description bisa dilakukan nanti. Kemudian pilih tema yang akan digunakan, maksudnya adalah tampilan web kita, jangan khawatir Anda salah memilih, karena tema ini bisa dirubah kapanpun.

Dan proses instalasi WordPress selesai, anda sudah siap untuk membuat sebuah postingan di web anda, dengan masuk ke link https://namadomain.com/wp-admin. Kemudian masukkan username dan password yang Anda baru buat terakhir.

Kita harus membuat dua buah blog, untuk dapat mendukung sistem internet marketing asuransi, yang pertama adalah blog keagenan dan yang satunya lagi blog kesehatan (Untuk kasus unit link), bisa juga yang satunya kita buat blog mengenai Investasi.

Mempersiapkan Blog 

Setelah kita selesaikan proses Instalasi WordPress, maka mulailah kita melengkapi isi blog kita. Yang pertama harus kita siapkan adalah bentuk dari blog kita seperti apa. Pertama kita masuk ke Wp adminnya, di Dewaweb https://namadomain.com/wp-admin, (di hosting lain bisa saja berbeda). Dan kita akan masuk ke halaman Admin. Kemudian yang pertama kali kamu harus lakukan adalah memilih Tema (Theme) yang cocok buat Anda.

Setelah Anda klik 1 dan 2 maka tampillah theme yang yang disediakan wordpress secara gratis, seandainya ada yang cocok silahkan klik activate tetapi seandainya belum dapat cocok, bisa pilih no 3 untuk melihat lebih banyak lagi koleksi Tema (Theme), kemudian kalau sudah dapat pilih Install dan Activate. Maka Theme sudah siap digunakan. (Dalam kasus ini saya pilih Twenty Ten)

Selah Theme terinstall, Anda silahkan klik di Customize, dan tampillah gambar seperti dibawah ini.

Kemudian, tentukan nama WEB, jangan lupa gunakan kata kunci yang banyak dicari tetapi persaingannya rendah. Contohnya disini saya pilih Asuransi Jiwa Jaman Now. Jangan lupa setelah instalasi Anda Klik Published, yang tulisannya dalam kotak biru di atas, dan lihat disebelah kanan adalah bentuk dari web yang akan disajikan.

Langkah berikutnya adalah membuat MENU UTAMA, tutuplah halaman diatas dan kembali ke halaman depan. Kemudian pilihlah Pages dan kemudian pilih Add New. Nanti akan terbuka halaman seperti gambar dibawah ini :

Pada kolom paling atas, isikan nama menu anda, misal “Profil Perusahaan”, pada ruang di bawahnya isikan konten yang anda siapkan. Kalau sudah, lalu klik “publish”. Selesai, top menu pertama sudah jadi.

Profil Perusahaan : Tuliskan profil perusahaan asuransi anda dengan lengkap, termasuk apa yang menjadi keunggulannya.

Profil Agen : Tuliskan profil pribadi anda sesuai dengan identitas lisensi keagenan anda, buatlah seunik mungkin, lengkapi dengan gambar dari lisensi keagenan untuk melengkapinya.

Produk Asuransi : Tuliskan secara lengkap produk asuransi anda. Lebih bagus lagi dilengkapi dengan ulasannya. Apa yang menjadi keunggulan produk-produk tersebut.

Hubungi kami : Tuliskan alamat rumah, no HP dan email anda dengan jelas. Data ini akan membuat calon nasabah lebih yakin untuk menghubungi anda.

Sales Letter : Berisi penawaran proposal kepada calon nasabah. Pelajari teknik cara pembuatannya di SINI.

Selesailah pembuatan MENU UTAMA web kita.

POSTING ARTIKEL

Hal terpenting dalam pembuatan blog adalah artikel, untuk membuat artikel caranya mirip seperti PAGES hanya yang kita klik adalah POSTS. Dibawah ini adalah halaman pembuatan artikel atau POSTS :

Silahkan buat artikel, jangan lupa lakukan riset kata kunci, yang pernah saya bahas diartikel sebelum ini. Dan tentukan Categoriesnya juga lengkapi dengan gambar supaya artikel ini menarik. Siaplah postingan Anda pertama dan WEB siap diluncurkan.

Mau tanya-tanya lebih detail, silahkan WA : 08161963144 atau klik gambar di bawah ini :

Info Contact Telp/WA : 08161963144Profil Bang Dito

Daftar Berlangganan

Bergabung akan mendapat informasi-informasi terbaru

Anda berhasil TERDAFTAR