Siapa saat ini yang nggak mengenal WhatsApp, sebuah aplikasi sosial media yang sangat terkenal. Hampir semua orang disekeliling kita menggunakan program ini untuk berkomunikasi dan bersosialisasi. Sehingga sepertinya sms dan telephone menjadi jarang disentuh lagi.

Sekarang, bagaimana caranya kita memanfatkan program ini untuk mendapatkan penghasilan? Pada tulisan ini, akan dibahas bagaimana kita memulai memanfaatkan aplikasi ini untuk berjualan Asuransi.

Sebelum kita memulai, saya menyarankan teman-teman untuk upgrade WA biasa ke WA Business, sayangnya saat tulisan ini dibuat, WA Business belum ada di Iphone, tetapi teman-teman masih bisa menggunakan WA biasa untuk melakukan bisnis ini.

WA Business memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh WA biasa. Kelebihan itu adalah :

  1. Dapat menambahkan dan menggunakan telepon rumah dan kantor.
  2. Dapat membalas pesan secara otomatis.
  3. Dapat mengirim pesan kepada customer secara periodik
  4. Lihat statistik kirim dan terima
  5. Bisa memilih Kategori bisnisnya
  6. Dapat membuat kategori pesan dengan label.
  7. Bisa membuat pintasan cepat

Apabila sudah siap, sekarang kita mulai tahap pertama berjualan di WhatsApp. Untuk memulai berjualan di WA, yang pertama harus kita ingat adalah kita harus dalam posisi yang NETRAL. Artinya hindari berpolitik dan berpihak di group-group WA kita apabila kita berkomunikasi dengan siapa pun apalagi di group.

Langkah-langkahnya adalah :

1.Mendapatkan Calon-calon Klien.
Ketika kita mau melakukan penjualan melalui Whatsapp, satu hal yang harus diperhatikan seperti sosmed yang lain adalah mendapatkan nama sebanyak-banyaknya. Paling tidak kita memiliki lebih dari 3000 nama, dan yang lebih bagus lagi adalah pasar itu tertarget. Dan sebisanya carilah dari lingkungan yang terjangkau oleh kita, karena kalau kita buka sampai Papua, tentunya kita lebih sulit untuk melakukan penutupan, karena dalam Asuransi Jiwa regulasinya masih dibutuhkan pertemuan antara Agen dan Nasabah.

Nama-nama itu bisa kita dapatkan dengan berbagai cara, bisa dengan masuk ke banyak group, karena paling tidak didalam group itu akan terdapat maksimal 256 nama. Dan salah satu kelebihan Whatsapp adalah kita bisa melihat nama-nama pemilik nomor itu.

Cara kedua adalah dengan menggunakan FB atau FB Ads, untuk mendapatkan nama-nama yang tetarget. Cara ini akan saya bahas lewat postingan lainnya. 

Cara berikutnya adalah memanfaatkan blog atau web kita, dengan membuat link yang langsung menghubungkan ke WA kita.

2.Berikan Konten Edukasi
Satu hal yang harus kita tahu, pada dasarnya orang nggak suka menjadi sebuah target jualan. Oleh sebab itu, tahap pertama yang harus dilakukan adalah berikan secara kontinu konten-konten yang berisi edukasi. Sehingga mereka tidak merasa menjadi target market kita. Dalam hal ini berikan informasi yang berkaitan mengenai Klaim, Keuangan, Bisnis dan lain-lain, sebisanya adalah konten-konten yang menarik.

3.Lakukan Manajemen Kontak
Bagian terpenting dalam melakukan penjualan asuransi di WA adalah, melakukan Manajemen Kontak. Jadi kita harus menyusun kelompok-kelompok nama yang kita dapatkan, untuk memudahkan kita melakukan promo yang tepat. Kita harus kumpulkan nama-nama ini berdasarkan sumbernya, misalnya : Teman SMP, Teman SMA, Teman Hobi, Promo FB dan lain-lain.

4.Buat List BC (Broadcast)
Akan banyak BC yang kita lakukan secara berkala, kebanyak group yang kita bentuk. Sehingga List BC perlu kita susun yang rapih, jangan sampai kita salah melakukan BC. Gunakan teknik pembuat link di WhatsApp supaya logo WhatsApp keluar, sehingga membuat BC kita menjadi sangat menarik.

5.Tentukan Cara Closing
Closing seperti apa yang kita inginkan dan sesuai dengan produk Asuransi yang kita tawarkan, dalam hal ini pilihan kata-kata closing yang tepat sangat dibutuhkan.

6.Copywriting
Dalam penjualan WhatssApp, copywriting sangatlah penting, sehingga dibutuhkan latihan-latihan yang terus menerus dalam membuat promosi. Gunakanlah fasilitas Tebal, miring dan garis, karena itu akan menambah kekuatan promosi kita.

7.Latihan 
Latihan menulis sangat dibutuhkan dalam membuat promosi di whatsApp, jadi teruslah berlatih supaya promosi kita menjadi semakin menarik.

Teman-teman, tulisan ini mungkin masih belum lengkap dan teman-teman masih memiliki pertanyaan, jadi hubungilah saya melalui WA : 08161963144, atau klik gambar dibawah ini.

Info Contact Telp/WA : 08161963144Profil Bang Dito

Daftar Berlangganan

Bergabung akan mendapat informasi-informasi terbaru

Anda berhasil TERDAFTAR