Sama seperti ketika kita membuka bisnis secara konvensional (off-line), pada Internet Marketing juga perlu melakukan riset pasar. Ini dilakukan untuk mengetahui keinginan dari pasar. Yang perlu diketahui, riset pasar bisnis online lebih mudah jika dibandingkan dengan riset pasar pada bisnis konvensional. Tentu teman-teman ingin tahu cara membuat blog dengan melakukan riset pasar.

Pada bisnis online, riset pasar sama artinya dengan riset kata kunci, karena para pencari informasi membuka internet menggunakan kata kunci, termasuk asuransi.

Biasanya mereka mencari informasi dengan membuka situs google.com atau situs pencari lainnya dengan mengetikkan kata kunci “asuransi”, “asuransi jiwa”, “asuransi kerugian”, “asuransi syariah” atau dengan kata kunci lainnya.

Dengan teknik riset online, kita akan dapat mengetahui kata kunci apa saja yang diketikkan calon nasabah anda, artinya anda akan mengetahui apa yang menjadi kebutuhan calon nasabah anda.

Kata kunci dari hasil riset inilah yang akan kita jadikan dasar dalam pembuatan blog, sehingga setiap calon nasabah ke internet untuk mencari informasi, dan blog anda akan muncul dengan menawarkan solusi.

Dalam penjabaran mengenai riset kata kunci ini, saya akan menggunakan kata kunci selain “asuransi”, supaya semua teman-teman yang berada di asuransi lainpun akan merasa nyaman karena pengetahuan ini disampaikan secara netral.

Supaya website kita dapat tampil di search engine seperti google, yahoo, atau Bing, maka kita harus memahami apa yang menjadi kebutuhan para pencari informasi di internet. Maksudnya adalah kita harus mengetahui informasi apa yang banyak dicari di internet.

Karena di internet yang menawarkan informasi bukan hanya kita, karena mungkin banyak situs lain menawarkan hal yang sama yang berarti mereka adalah pesaing kita, maka kita harus dapat mengukur jumlah dan kekuatan pesaing kita itu.

Jadi kita harus melakukan riset untuk mendapatkan kata kunci yang banyak dicari tapi memiliki tingkat persaingan yang kecil. Untuk melakukan ini tentunya akan sangat sulit apabila dilakukan secara manual, oleh sebab itu diperlukan program atau software untuk dapat melakukan tugas itu.

Anda tidak perlu khawatir, di internet telah disediakan dengan gratis. Banyak para pelaku internet terjebak dengan tools – tools atau program riset kata kunci yang harganya mahal. Padahal untuk bisa mendapatkan kata kunci yang diinginkan Google telah menyediakan alat riset dengan GRATIS, bahkan hasilnya cukup akurat.

Alat itu saat ini bernama google Keyword Planner, saya katakan saat ini karena bisa saja namanya berubah, karena dulu namanya adalah Adword Keyword Tool. Keduanya fungsinya sama hanya berbeda saja tampilannya, bahkan saat saya menulis artikel ini tampilannya pun sudah berubah, yang penting kita melihat sebagai alat untuk menemukan kata kunci yang tepat.

Untuk dapat mengoperasikan alat ini, anda harus mengakses halamannya dengan alamat sekarang adalah https://adwords.google.com/intl/id_id/home/tools/keyword-planner/. Ketik alamat ini pada browser atau cukup klik pada alamat itu, maka anda akan diantar ke halaman Keyword planner.

Untuk membuka halaman itu dibutuhkan akun google, apabila anda belum memilikinya silahkan klik link https://accounts.google.com/signup/v2/webcreateaccount?flowName=GlifWebSignIn&flowEntry=SignUp maka anda akan diantar ke halaman seperti bawah ini :

Setelah anda ikuti proses pendaftaran di atas untuk mendapatkan akun google, selanjutnya silahkan anda buka saja link Keywor Planner di atas. Berikit ini adalah tampilan dari Keyword Planner di bagian depan :

Dan silahkan login dengan menggunakan akun google yang telah anda miliki. Dan anda akan masuk ke halaman berikut ini :

Kemudian ikuti langkah-langkahnya dengan klik 1 yang gambar kunci pas, kemudian pilih perencanaan (2) dan terakhir pilih Keyword Planner (3).

Setelah itu akan tampil seperti ini :

 

Dan setelah tampil seperti diatas, kemudian ketik kata kunci apa yang akan diriset, misalnya dalam contoh di atas saya menggunakan kambing. Setelah kita klik Mulai maka akan tampil seperti dibawah ini :

 

Di atas adalah kata kunci yang berhubungan dengan kata “kambing”. Ini merupakan kata kunci yang diketikkan oleh pengguna internet untuk mencari informasi tentang “kambing”.

Lihat kata kunci ini ternyata dicari sebanyak sekitar 74.000 kali per perbulan. Bisa juga diartikan bahwa sebanyak 74.000 orang mencari informasi tentang kambing.

Selain itu ditampilkan juga segala sesuatu yang kata kunci lain yang berhubungan dengan kata kunci lain, yang direkomendasikan, maksudnya adalah supaya kita dapat memilih kata kunci lain yang berhubungan tetapi memiliki indeks pencarian yang lebih tinggi. Untuk meriset kata kunci yang lain, anda tinggal mengganti kata “kambing” atau menambahkan kata lain seandainya data yang lain tetap ingin ditampilkan. Karena kita bertujuan membuat blog asuransi, maka risetlah kata kunci yang berhubungan dengan produk asuransi anda.

Kemudian dari sekian kata kunci yang ditampilkan, pilihlah kata kunci yang banyak pencarinya namun pesaingnya sedikit (dibawah 1 juta). Coba anda cek di google, berapa banyak pesaing anda. Misalnya saya pilih kata kunci kambing etawa yang memiliki 18.100 pencari.

Anda lihat, ternyata benar persaingannya cukup rendah yaitu 777.000, berarti dibawah 1 juta. Jadi Kambing Etawa ini cukup baik kalau dipakai sebagai kata kunci. Seandainya ternyata persaingannya berada di atas 1 juta, cobalah riset kata kunci lain.

Sekarang bagaimana meriset kata kunci untuk asuransi.

Jika produk anda adalah asuransi unitlink, anda bisa meriset kata kunci kesehatan, pendidikan dan pensiun. Contoh tema : tips penyakit kanker, bagaimana merencanakan pendidikan anak, Teknik mudah persiapan dana pensiun. Ketikkan kata “kanker” pada keyword planner seperti di atas, nanti akan ditampilkan banyak kata yang berhubungan dengan sakit kanker, dan anda silahkan pilih kata kunci yang terbaik.

Jika produk anda adalah asuransi umum/kerugian, anda dapat meriset kata kunci tentang property atau aset yang obyeknya menjadi tanggungan. Contoh tema : “Merawat Mobil Mewah”, “Menghindari Rumah Dari Kebakaran” dan lain-lain.

Memilih Kata Kunci

Di atas telah dijelaskan tentang cara melakukan riset kata kunci. Untuk membuat blog yang optimal di search engine, maka gunakanlah kata kunci yang telah diriset dalam membuat blog anda.

Untuk mempermudah pengoptimalan blog sehingga artikel dapat ditemukan pengunjung melalui mesin pencari, maka pemilihan kata kunci tidak sembarangan.

Kata kunci yang mudah dioptimasi adalah kata kunci yang banyak pencarinya dan memiliki tingkat persaingan yang kecil. Pilihlah kata kunci yang pencarinya atau penelusurannya per bulan minimal 1000 dan tingkat persaingannya di bawah 1 juta, kalau bisa dibawah 500 ribu ke bawah.

Mengapa Harus Riset Kata Kunci ?

Tujuan meriset kanta kunci selain mengetahui potensi pasar adalah mempermudah mengoptimalkan blog pada mesin pencari seperti google. Kata kunci yang terlalu tinggi persaingannya, akan lebih sulit bagi kita untuk menempatkan blog kita pada halaman pertama google.

Sebaliknya, kata kunci yang persaingan kecil, akan lebih mudah bagi kita untuk menembus halaman pertama google. Sehingga setiap ada pengguna internet mencari informasi, maka blog kita lah yang lebih banyak mendapatkan pengunjung. Itulah mengapa kita perlu meriset kata kunci sebelum membuat blog.

Hindari kata kunci yang persaingannya kecil namun pencariannya terlalu kecil juga, nanti situs anda pengunjungnya kecil.

Setelah kita mendapatkan kata kunci yang kita inginkan, itulah yang menjadi dasar pembuatan blog. Kata kunci akan menjadi nama domain, kata kunci juga dipakai sebagai judul blog, yang selanjutnya dari judul blog dijabarkan menjadi postingan – postingan artikel yang setiap hari dilakukan. Untuk postingan artikel, dasarnya adalah kata kunci yang merupakan turunan dari kata kunci utama diatas.

Catatan :

  • Google mungkin saja merubah tampilan dari program riset ini, tetapi biasanya perubahan itu membuat penggunaannya jadi semakin mudah dan efektif, jadi ikuti saja petunjuknya.
  • Tulisan ini juga dapat digunakan untuk membuat blog selain asuransi.

 

Mau tahu lebih detail silahkan WA : 08161963144 atau klik gambar di bawah :

Info Contact Telp/WA : 08161963144Profil Bang Dito

Daftar Berlangganan

Bergabung akan mendapat informasi-informasi terbaru

Anda berhasil TERDAFTAR