Menentukan nama website adalah bagian penting sebagai pelengkap dari pembuatan website, karena dengan nama yang tepat maka website kita akan selalu berada ditempat terbaik di Search Engine.

Menentukan nama website bukanlah pekerjaan yang mudah, karena tentunya untuk sebuah bidang usaha seringkali pemakainya sudah banyak sementara susunan kata yang tepat bisa saja sudah habis terpakai. Sehingga dalam membuat nama ini dibutuhkan sebuah kreativitas sendiri.

Bisa saja kita menumpang nama-nama terkenal dalam membuat sebuah nama, tetapi ini sangat beresiko secara jangka panjang, karena bisa saja mereka tidak dan berkenan dan kita bisa berurusan dengan hukum. Padahal mungkin saja pada saat itu nama kita sudah sangat terkenal.

Dalam tulisan ini saya mencoba membahas bagaimana cara menentukan nama website yang benar. Tulisan ini didapat berdasarkan pengalaman selama saya menggunakan website dalam berjualan.

1.Menggambarkan Website

Nama sebuah website harus dapat menggambarkan isi dari website anda. Karena umumnya para pencari informasi hanya melihat apa yang ditampilkan oleh search engine, tanpa melihat isi dari website itu sendiri. Oleh sebab itu, sangat penting dalam membuat website, kita fokus dalam satu bidang, sehingga dalam menentukan nama menjadi mudah. Dan itu membuat orang yang menggunakan search engine langsung paham apa yang ada dalam website tanpa harus membukanya.

go 2.Nama Harus Mudah di Ingat

Jangan membuat nama yang rumit sehingga sulit untuk diingat. Sering kali para pembaca tidak mencatat nama website kita, dan begitu mereka membutuhkan informasi mereka akan ketik kata-kata yang dia ingat berkaitan nama website kita, sehingga apabila namanya sulit mungkin malah website lain yang akan dia temukan. Gunakan Google Adwords yang sudah saya beri tahu di tulisan sebelum ini untuk mencari kata kunci yang tepat dengan jumlah pencari yang banyak tetapi memiliki persaingan yang rendah.

Contoh nama web adalah “ Robotik | Tutorial Membuat Robot” terlihat sangat simpel tetapi mudah diingat. Coba Anda berkreasi untuk bidang asuransi yang kita geluti, banyak bertebaran nama-nama unik yang sangat mudah diingat kalau kita cari di google, coba Anda baca dan carilah inspirasinya, jangan takut salah karena nama website masih memungkinkan untuk dirubah-rubah.

3.Sama atau Punya Hubungan Dengan Domain

Usahakan Andamembuat judul blog yang sesuai dengan nama domain atau setidaknya harus relevan. Seringkali hal ini  diabaikan oleh sebagian orang, mungkin karena mencari nama domain yang masih tersedia saat ini cukup sulit karena sudah terlalu banyak website. Harus di ingat bahwa jika anda memilih nama domain yang kurang bagus kemungkinan anda akan kehilangan sebagian pembaca  dikemudian hari. Coba Anda bayangkan jika anda memiliki nama domain yang kurang sesuai dengan topik website anda atau dengan judul website anda tentu ini bisa jadi masalah, karena terkadang orang datang ke blog anda melalui judul blog anda yang ada di website lain, bayangkan jika suatu saat dia hanya ingat judul, karena anda sedangkan anda memiliki nama domain yang tidak sesuai dengan judul, kemungkinan pengunjung tersebut akan kesulitan jika ingin kembali lagi ke website anda.

Salah satu contoh nama website yang sejalan dengan domain adalah https://alodokter.com dengan nama Halo Dok | Tanya alodokter, sebuah situs yang bercerita tentang kesehatan dan dapat langsung bertanya ke dokter. Atau sebuah situs yang membahas asuransi https://asjanow.com dengan nama Asuransi Jaman Now.

Demikianlah cara membuat nama sebuah Website, cobalah terus berfikir sampai Anda dapat menemukan nama yang terbaik. Selamat mencoba.

Apabila anda ingin berkomunikasi langsung, silahkan  source WA : 08161963144 atau klik gambar dibawah ini :

Info Contact Telp/WA : 08161963144Profil Bang Dito

Daftar Berlangganan

Bergabung akan mendapat informasi-informasi terbaru

Anda berhasil TERDAFTAR