Cara Menjadi Agen FWD Life

Menjadi Agen Asuransi adalah sebuah usaha yang sangat menarik, karena benefit yang diberikan sangat luarbiasa. Apa saja sih yang menarik menjadi Agen Asuransi ?
  1. Komisi besar dan berkesinambungan
  2. Bonus besar
  3. Hadiah jalan-jalan keliling dunia
  4. Jenjang karier yang jelas
  5. Kebebasan Waktu
Dan yang lebih menarik lagi, bonus dibalik pekerjaan ini yaitu membantu orang merencanakan keuangannya dan memberikan perlindungan kepada keluarganya.
Menjalankan Bisnis Asuransiperlu keseriusan dalam membangunnya, karena mungkin akan melibatkan banyak orang didalamnya. Sehingga tentunya, harus ada kedisiplinan dalam membangun bisnis ini.

Dan tidak semua orang cocok dalam menjalankan bisnis ini, apalagi diperlukan sedikit pengetahuan yang berkaitan dengan teknologi dalam menjalankannya. Oleh karena itu, izinkan saya melakukan seleksi, karena nggak semua orang cocok dengan bisnis ini, dan tentunya teman-teman juga tidak perlu membuang waktu lebih banyak untuk sesuatu yang sebenarnya tidak cocok.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menjadi agen adalah :

Sebelum Mendaftar Jadi Agen Asuransi

Banyak agen yang gagal. Ini karena mereka hanya ingin SUKSES, tetapi tidak mau mengikuti prosesnya untuk menjadi SUKSES.

Jadi sebelum mendaftar menjadi agen asuransi cobalah pelajari beberapa hal dibawah ini :

  • Siapkah Anda menghubungi beberapa orang setiap hari untuk menawarkan asuransi?
  • Siapkah Anda menghadapi penolakan, dicuekin malah sampai di PHP-in?
  • Siapkah Anda menjalani profesi ini selamanya ?
  • Siapkah Anda melayani para nasabah selamanya ?
Apabila jawaban semua pertanyaan diatas adalah “YA“, silahkan dilanjutkan.
Jika Anda bertanya, coba-coba dulu boleh gak? Itu tandanya Anda belum yakin. Sebaiknya, pelajari dulu lebih lanjut tentang peluang bisnis ini. Dan coba datang ke acara-acara seminarnya, seperti DigitalCX, Super Monday dan baca-baca bangdito.com atau bertanya-tanya lebih banyak kepada teman yang mengajak atau leadernya.
 
Bisnis ini bisa dijalankan secara paruh waktu (Part time), tetapi selama hati kita tidak melakukannya sepenuh hati, maka bisnis ini hanyalah sebuah bisnis yang enak dilihat tetapi sulit diwujudkan.
 
Apabila Anda sudah yakin untuk menjalankan bisnis ini, mulailah bekerja keras, cobalah kejar sebuah Club bergengsi seperti MDRT (Million Dollar Round Table), Star Club dan lain-lain.

3 Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Bergabung

Selain itu, pastikan juga bahwa anda telah mengetahui tiga hal penting terkait bisnis agen asuransi yang akan anda jalani, dan tidak keberatan dengan itu. Lakukan survei sebelum memutuskan, minimal melalui internet.

1. Profil perusahaan.

Apakah anda sudah tahu mengenai FWD? Apakah anda akan cukup memiliki kebanggaan ketika memakai seragam FWD? Silakan dibaca di “Profil FWD”.

2. Produk yang dijual

Apakah anda sudah tahu mengenai produk yang akan anda jual di FWD? Apakah anda setuju bahwa produk tersebut bermanfaat untuk anda dan orang-orang lain? Silahkan baca-baca di https://myfwdlife.com

3. Sistem bisnis

Sistem bisnis bicara tentang berapa jenjang karier dan penghasilan yang potensial anda dapatkan ketika sudah menjalankan bisnis agen asuransi di FWD. Apakah anda sudah mengetahui hal itu? Apakah anda yakin bisa mencapai apa yang anda inginkan melalui sistem bisnis tersebut? Silahkan pelajari di https://bangdito.com/bisnis-asuransi/fokus-sistem/

Kualifikasi yang Diharapkan

Pada dasarnya siapa pun dapat mendaftar sebagai agen FWD bersama tim saya, yang penting serius, mau belajar, gigih, dan pantang menyerah. Tapi untuk memudahkan kerja kita ke depan, saya berharap calon agen di tim saya memenuhi kualifikasi berikut:

  1. Memiliki kendaraan sendiri (syarat standar seorang sales di mana pun).
  2. Memiliki Tablet/Hape  (untuk membuat proposal ilustrasi produk).
  3. Paham menggunakan internet (sesekali saya akan meminta bantuan anda untuk melayani permintaan calon nasabah).
  4. Mampu belajar mandiri dengan membaca dan tidak keberatan melakukan konsultasi jarak jauh via WA, SMS, telepon, atau email.

Jika anda ingin memasarkan produk asuransi melalui internet atau blog seperti saya, dan ingin diajari caranya, ada tambahan kualifikasi lagi, yaitu:

  1. Rajin membaca.
  2. Bisa menulis, atau mau mempelajarinya.
  3. Akrab dengan dunia internet (mesin pencari, email, blog/web, dan semacamnya).

Persyaratan Administratif

Secara administratif, persyaratan menjadi agen asuransi itu mudah, yaitu:

1. Mengisi Form Aplikasi Agen (online) di SINI dan Perjanjian Keagenan, dengan melampirkan: 

  1. Foto KTP (Soft Copy)
  2. Foto diri (Soft Copy)
  3. Foto buku tabungan halaman pertama (Soft Copy)
  4. Foto NPWP (Optional | Soft Copy)
  5. Bukti transfer biaya ujian lisensi konvensional AAJI 225 ribu + Ujian Syariah AAIJ 100 ribu (Ujian satu-satu) atau gabungan ujian Konvensional + Syariah 285 ribu.
  6. Form Tandatangan Basah
  7. Form Twisting
  8. Jika anda pernah tergabung di asuransi lain, lampirkan fotokopi kartu lisensi AAJI dan surat terminasi dari perusahaan sebelumnya. Jika tidak ada, surat terminasi bsia diganti dengan surat penyataan telah mengundurkan diri. Kemudian biaya perpanjangan lisensi akan berbeda dengan biaya ujian untuk calon agen baru (jumlahnya akan diberitahukan kemudian).

Setelah ini dipenuhi, akan mendapat kode agen dengan fasilitas Digital FWD Mobile yang isinya (Install lewat Handphone atau Tablet) :

  1. FWD Smart (Buat bikin ilustrasi, penawaran dan penutupan polis Asuransi)
  2. IRIS (Monitoring aktifitas dan Pengumuman-pengumuman)
  3. FWD Academy (Training-Training dan Ujian Online)
  4. FWD M-Service (Alamat Provider Exelso, Kantor Cabang FWD Life dan Daftar Rumah Sakit rekanan + Memo-memo FWD)
  5. FWD M-Rekrutment (Buat Rekrut)
  6. SME (Penawaran Asuransi Group)

2. Mengikuti ujian lisensi dari AAJI.

Jarak waktu dari pendaftaran ke ujian adalah sekitar 4 hari setelah keluar kode agen . Sambil menunggu, anda bisa mulai belajar materi ujian lisensi AAJI dan materi-materi lainnya melalui FWD M-Academy.

Jika lulus, anda pun resmi menjadi agen asuransi jiwa berlisensi dan mulai bisa menjual polis asuransi. Jika tidak, anda boleh mengulang ujian dengan membayar biaya sebesar 150 ribu.

Form Agen

Jika anda sudah mantap untuk menjadi agen FWD dan telah melengkapi semua persyaratan yang diperlukan, silakan klik gambar di bawah:

Support System

Untuk mendukung kesuksesan anda, ada banyak support system yang bisa anda manfaatkan.

A. Dari Manajemen FWD Life Indonesia

Dari pihak manajemen FWD Life Indonesia, menyediakan training-training melalui dua paket berbeda:

  1. Initial Circle (Emerging Activity), berisi training-training dasar baik buat PRODUCER atau LEADER. (Untuk training dasar bisa belajar secara online melalui M-Training)
  2. Excellence Circle (Energizing Activity), adalah sebuah inkubator dalam mencetak tenaga pemasar yang profesional serta produktif dengan profil dan skill yang kuat. Kelebihan program ini, bagi peserta yang lulus akan mendapat benefit-benefit khusus.
Semua training FWD baru dapat diikuti setelah memiliki kode agen, dan didaftarkan secara online.

Selain itu ada beberapa acara lain yang rutin diadakan FWD Life, antara lain:

  1. Super Monday, meeting mingguan yang dilakukan di kantor-kantor FWD di seluruh Indonesia yang dilakukan secara serentak.
  2. DigitalCX, sebuah presentasi rekrutment yang dilakukan setiap minggu secara serentak di seluruh Indonesia.
  3. Kick off Meeting, diadakan setiap bulan Januari, berisi pengarahan dari manajemen FWD Life dan info-info seputar berbagai kontes yang diadakan di tahun itu.
  4. Gala Dinner, sebuah acara selebrasi untuk memberikan penghargaan kepada para agen yang mencapai target  MDRT, Star Club dan Hive
  5. Priority Circle, Pelatihan yang diadakan setiap 3 bulan sekali dan diadakan di tempat-tempat wisata bergengsi di seluruh Indonesia (Benefit Leader)

Support system lainnya adalah aneka kontes untuk memacu semangat agen dalam melakukan penjualan. Kontes yang rutin diadakan adalah:

  1. Pengembalian biaya AAJI, diberikan untuk agen baru yang closing sebelum 3 bulan setelah bergabung.
  2. Gratis IPAD atau Tablet, untuk Producer yang baru bergabung dan mencapai target tertentu dalam 3 bulan.
  3. Digital Experience FWD Life, untuk agen-agen pilihan akan mendapat sebuah perangkat Digital Agen untuk membantu agent berjualan di Internet, seperti : Hearsay (Promo melalui FB bisa dilihat di SINI dan Linkedin) dan Microsite (bisa dilihat di SINI)
  4. Click To Meet, adalah cara FWD Life membantu agen-agennya mendapatkan nasabah. Dapat dilihat di SINI
  5. FWD Max, adalah aplikasi Discount yang membantu Agen untuk berjualan ataupun merekrut. Dapat dilihat di SINI.
  6. Trip ke luar negeri, Biasanya ada 2 tujuan wisata yang ditempuh ditengah tahun dan akhir tahun, sehingga seorang producer atau leader bisa mendapat 2 penghargaan sekaligus.
  7. Trip Dalam Negeri, biasanya ada satu trip yang diadakan di tengah tahun, wisata ke tempat-tempat eksotis di seluruh Indonesia.
  8. HIVE, sebuah hadiah trip ke Luar Negri untuk ikut sebuah acara bergengsi yang diadakan oleh FWD Life International, yang diadakan dinegara-negara yang berbeda-beda setiap tahun.
B. Dari Milkyway Network
 
Sebelum melangkah lebih jauh, Anda harus mengetahui langkah-langkah sukses menjadi Agen Asuransi, yaitu :
  1. Memiliki Impian, silahkan lihat lebih detail di SINI
  2. Menyusun Daftar Nama, silahkan lihat lebih detail di SINI
  3. Menghubungi Calon Prospek, silahkan lihat lebih detail di SINI
  4. Bercerita, silahkan lihat lebih detail di SINI
  5. Miliki produknya, silahkan lihat lebih detail di SINI
  6. Fokus sistem, silahkan lihat lebih detail di SINI
  7. Belajar, silahkan lihat lebih detail di SINI
 
Untuk mendukung langkah-langkah di atas dalam membangun Bisnis, Milkyway Network memberi bantuan support untuk mendukung penjualan secara Digital melalui Internet Marketing.
 
  1. Blog myfwdlife. Ini adalah blog support sistem yang diberikan oleh Milkyway Network, dapat digunakan untuk memperdalam produk-produk FWD Life.
  2. Blog bangdito.com adalah blog yang biasanya berisi cara-cara membangun bisnis di asuransi baik secara offline maupun online.
  3. Blog singkirlemak.com adalah blog yang membahas segala macam kesehatan, dimana ini berguna untuk memancing calon nasabah untuk masuk ke blog myfwdlife.
  4. Dibantu untuk mendapatkan calon nasabah dan agen via internet.
  5. Dibimbing langkah demi langkah untuk bisa mendapatkan calon nasabah dan agen secara pasif melalui internet (jika berminat dan memenuhi kualifikasinya).
  6. Izin menggunakan seluruh artikel di blog myfwdlifebangdito dan singkirlemak  untuk dipasang di web/blog anda.
  7. Konsultasi gratis tentang produk maupun strategi bisnis kapan pun anda butuhkan.
  8. Ditemani JFW (Joint Field Work) saat anda bertemu dengan calon nasabah anda (khusus wilayah Jabodetabek).

Semua support system tersebut akan bekerja maksimal hanya jika anda sendiri memiliki keinginan yang kuat, inisiatif, dan antusias.

Form Agen

Jika anda sudah setuju untuk bergabung sebagai agen asuransi FWD Life di tim saya, silakan mengisi form dengan mengklik gambar di bawah ini:

Bergabung Sebagai Leader

Jika anda memenuhi kriteria, anda bisa bergabung langsung sebagai leader atau BP (Business Partner). Penjelasannya bisa dibaca di artikel “Cara Menjadi Agen FWD Level Leader“.

Info Contact Telp/WA : 08161963144Profil Bang Dito