Maxmanroe.com

Memiliki usaha adalah sebuah kebanggaan yang cukup berarti bagi seseorang. Karena nggak banyak orang yang bisa langsung sukses dalam membangun usaha. Ada yang gagal dengan kerugian yang kecil dan tidak sedikit pula yang gagal dengan membawa kerugian yang sangat besar. Kalau kita belajar dari orang-orang yang sudah sukses pun, mereka memerlukan beberapa kali kegagalan sebelum akhirnya menjadi sukses. Bahkan dari beberapa survey umumnya mereka mengalami kegagalan sampai 7 kali.

Karena faktor kegagalan yang tinggi ini, maka ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum kita memulai sebuah usaha. Persiapan itu antara lain:

Memiliki Impian yang kuat.

Ketika kita memulai usaha, tentunya kita sudah membuat rencana yang matang. Tapi kenyataanya tidak seperti yang dibayangkan, banyak kegagalan-kegagalan yang kita hadapi. Banyak pengusaha yang akhirnya berhenti berusaha, karena tidak tahan menghadapi kegagalan-kegagalan.

Oleh sebab itu impian yang kuat sangat dibutuhkan untuk membuat kita tidak cepat putus asa. Dan tetap bisa berjalan terus.

Memilih usaha

Banyak faktor yang harus dipikirkan dalam memilih usaha, yaitu :

  • Modal

Modal adalah faktor pertama yang harus dipikirkan dalam memilih usaha. Baik modal sendiri maupun modal yang kita dapatkan dari pihak luar. Selain BANK sekarang kita bisa mendapat dari banyak tempat untuk mendapatkan modal. Bahkan sekarang ada lembaga yang bisa menyediakan investor2 dari seluruh dunia untuk bisa mendapatkan modal, hanya dengan syarat yang mudah, yaitu mempersiapkan proposal saja.

  • Keahlian

Pilihlah usaha yang kita sudah memiliki keahlian dibidang itu, seandainya kita tidak memiliki keahlian jalani saja usaha franchising, jadi semuanya sudah ada yang menyiapkan, tinggal bagaimana kita menjalankannya. Tentunya semakin kompleks usahanya dan nama besarnya akan semakin tinggi modal yang harus dipersiapkan. Atau bisa juga dengan menjalani usaha INTRAPRENEUR dulu sehingga keahlian bisa dilatih dulu disitu.

  • Pasar

Pasar sangat penting dalam membangun sebuah usaha. Apakah usaha yang kita lakukan memiliki pasar yang masih sangat besar atau sudah sangat sempit. Karena kalau pasarnya sudah sangat sempit, tentunya resikonya menjadi sangat besar, dan otomatis keuntungannya bisa sangat tipis.

Tempat Usaha

Seandainya usaha yang akan kita jalani memerlukan tempat usaha, kita harus perhatikan tempat yang kita pilih memang sangat mendukung usaha yang kita jalani. Karena kalau tempat yang kita pilih tidak sesuai, maka akan semakin berat kita menjalankan usaha kita.

Mudah-mudaha 3 poin di atas dapat membantu kita saat akan mulai sebuah usaha. Satu hal yang harus kita ingat, membangun usaha tidak bisa sekejap, semuanya melalui sebuah proses. Saran saya cobalah dulu dari dunia penjualan, karena semua bidang usaha muaranya adalah PENJUALAN.

 

Info Contact Telp/WA : 08161963144Profil Bang Dito

Daftar Berlangganan

Bergabung akan mendapat informasi-informasi terbaru

Anda berhasil TERDAFTAR