Sosok yang terkenal tegas dan ceplas-ceplos ini merupakan sosok yang dapat menginspirasi khalayak umum terutama kaum hawa. Untuk keluar dari zona nyaman wanita ini memutuskan untuk memulai bisnis di usia dini dengan tujuan utama agar bisa mandiri dan membantu orang tuanya. Kondisi yang saat itu tak mendukung segala rencana dan angannyapun tak menjadikan ia berputus asa untuk terus melakukan sebuah bisnis yang sukses. Justru kecerdasannya dalam membaca situasi inilah yang merupakan nilai istimewa yang dimilikinya. Susi Pudjiastuti atau biasa disapa dengan Susi, perempuan kelahiran 1965 yang saat ini menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan RI di bawah kepemimpian Presiden Jokowi dikenal sebagai seorang pengusaha yang tegas. Ia merintis bisnisnya di bidang perikanan dan kemudian maskapai penerbangan dan itu semua ia mulai dari nol.

Sebelum sukses pada bisnisnya saat ini, Susi panggilan akrabnya memilih berhenti sekolah meski belum lulus SMA pada saat itu, dan ia mulai menjalani bisnis awalnya sebagai pedagang pakaian dan bed cover. Namun bisnis ini tidak berlangsung lama dan mengalami penyurutan, karena setelah ia melihat potensi tempat tinggalnya, di daerah Pangandaran, wilayah ini merupakan sebagai penghasil ikan.

Dari sanalah Susi lantas memanfaatkannya sebagai peluang bisnis dan beralih usaha. Dengan modal awal yang dibilang tak cukup besar hanya Rp 750 ribu hasil dari menjual perhiasannya, ia mulai membeli ikan dari tempat pelelangan dan memasarkannya ke sejumlah restoran. Lambat laun Susi pun menikmati bisnis yang ia pilih saat ini, meski tak berjalan mulus sesuai harapannya, namun berkah kegigihan dan semangatnya akhirnya Susi pun berhasil menguasai bursa pelelangan ikan di Pangandaran dan bahkan kemudian merambah ke ekspor ikan dan lobster.

Selain itu, bisnis maskapai penerbangan yang digelutinya juga berawal dari bisnis perikanan tersebut. Hal ini ia lakukan bertujuan untuk mengatasi masalah pengiriman ikan yang lambat apabila lewat darat atau laut, Susi membeli sebuah pesawat dari pinjaman bank untuk pengangkutan produk lautnya yang kemudian berkembang menjadi armada maskapai penerbangan yang saat ini dikenal dengan namanya sendiri “Susi Air”, yang melayani rute pedalaman dan carter.

Info Contact Telp/WA : 08161963144Profil Bang Dito

Daftar Berlangganan

Bergabung akan mendapat informasi-informasi terbaru

Anda berhasil TERDAFTAR